Muhamat Sulkan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Mempermasalahkan Hal Sepele dan Menyepelekan Masalah

#tantangan gurusiana hari ke-94

Di momen peringatan lahirnya Pancasila ini kita perlu banyak merefleksi diri. Sudah sejauh manakah nilai-nilai Pancasila yang sudah kita amalkan?

Pancasila mengandung intisari nilai-nilai luhur dari ajaran semua agama yang diakui di negeri ini. Untuk itu, kita tidak boleh menandingkan antara agama vs Pancasila.

Banyak cara pandang kita yang perlu dibenahi. Terutama paradigma kita yang cenderung mempermasalahkan hal yang sepele dan menyepelekan masalah.

Pancasila megandung nilai luhur yang agung. Namun jika menandingkan Pancasila vs agama merupakan mempermasalahkan hal yang sepele. Di sisi lain, pandemi covid-19 merupakan masalah yang gawat namun kita malah menyepelekannya. Tentu banyak lagi kasus lain yang melanda bangsa kita serupa dengan kasus-kasus tersebut.

Cara pandang demikianlah yang membuat bangsa ini stagnan. Kita tidak maju-maju, hanya jalan di tempat. Sementara bangsa lain sudah merancang pesawat untuk pergi ke planet mars.

Dalam suasana peringatan lahirnya Pancasila ini marilah kita tingkatkan diri untuk mengamalkannya. Pancasila bukan untuk ditandingkan dengan ajaran-ajaran yang lain. Namun sebagai dasar pedoman pengamalan nilai-nilai luhur dalam kehidupan bangsa ini.

Jika kita sungguh-sungguh mengamalkan nalai-nilai Pancasila, bangsa ini akan lebih maju dan berwibawa di hadapan bangsa-bangsa lainnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post